Rabu, 10 November 2010

Modus baru Pencurian Password FACEBOOK

Bagi anda yang mempunyai akun facebook,,berhati hatilah,,jangan terlalu percaya dengan apa yang di beritakan oleh informasi yang belum pasti akan kebenarannya,,

barusan,saya hampir kecolongan akun fb saya,,,

Di saat saat sedang asyiknya facebook-an,,tiba tiba saya mendapatkan pesan yang isinya sebagai berikut :




SUSILO BAMBANG YUDHOYONO...!!!
Adegan perselingkuhan PRESIDEN SBY...sangat mengecewakan
disaat-saat seperti ini....
musibah dimana-dimana..seorang presiden berbuat mesum
dengan seorang mahasiswa...DIJAKARTA
dengan dikasih imbalan berupa uang..bukan mikirin rakyat
malah menebar pesona birahi yang sangat keji
adegan ini terekam oleh camera cctv disalah satu hotel dijakarta'
untuk melihat video ini anda bisa accesS di facebook
dilink berikut:
http://www.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fcelebyonline.xellco.com%2F&h=8e604

namun,,ketika saya mengklik link tersebut,,saya di arahkan kepada sebuah web yang tampilannya persis seperti fb(red facebook). berikut skrinsutnya :


padahal sesungguhnya itu merupakan sebuah trick licik para hacker jahat / cracker untuk mencuri informasi penting dari korbannya berupa id dan password,,trick ini dikenal dengan istilah PHISING

Phising merupakan teknik licik yang digunakan oleh pencuri (cracker / hacker jahat) untuk menipu pengguna internet dengan cara mencuri informasi penting, biasanya hal ini berkenaan dengan informasi keuangan (nomor rekening dan kartu kredit) dan informasi login (ID dan password).

Trik ini sangat berbahaya sekali,,terutama bagi anda yang sangat awam di dunia IT,,secara kasat mata,,kita tidak mengetahui,,apakah situs yang kita masuki itu asli atau tidak,,

Sebaiknya untuk menghindari penipuan terhadap phising ini, kita harus mengerti beberapa tips agar kita tidak tertipu. Berikut ada beberapa tips, semoga tips tersebut dapat membantu anda.
  1. Jangan langsung membalas e-mail yang berasal dari insitusi keuangan, sebelum itu coba hubungi dulu pihak bank anda untuk memastikan kebenaran e-mail tersebut.
  2. Perhatikan kesalahan ketik atau tata bahasa yang kurang tepat pada pesan e-mail yang telah dikirimkan.
  3. Cermati simbol @ pada alamat website yang tertera pada pesan e-mail. Bisa jadi alamat website tersebut bertuliskan: www.citibank.com@www.hackersite.com. Browser tidak akan memproses semua tulisan sebelum simbol “@”. Jadi, pencuri bisa saja meletakkan alamat website pribadinya setelah simbol “@”. Website tersebutlah yang akan anda kunjungi, untuk itu sebaiknya selalu perhatikan alamat website yang tertera pada link
  4. Biasanya beberapa karakter dalam alamat website bank bisa diganti dengan karakter yang hampir sama. Sebagai contoh, situs Asli milik Bank BCA yaitu www.klikbca.com disamarkan menjadi www.klickbca.com. Sekilas memang terlihat sama. Tetapi jika anda tidak menyadari perbedaan ini akan sangat Fatal akibatnya.
  5. Khusus untuk web PERBANKAN Saat website bank ditampilkan, perhatikan icon gembok yang berda di bagian bawah browser Website. Jika ada, berarti website tersebut aman. Jika icon gembok tidak ada, segera tutup browser tersebut.

Jika seandainya kita kecolongan,,,maka lakukan langkah berikut :
  1. Khusus Untuk pengguna jaringan sosial ( facebook dll) setelah anda membaca point yg di atas,,maka tutuplah browser anda, dan robah lah password anda sesegera mungkin,,(dengan asumsi, informasi yg di telah di dapat hacker tersebut, belum di manipulasi,)
  2. Buatlah akun lebih dari satu, hal ini bertujuan, agar jika terjadi kasus yg seperti ini, maka gunakan lah akun cadangan yg kita miliki, untuk memasuki web gadungan itu.

Semoga bermanfaat bagi semua...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar